Tapi, kenapa harus menulis ?

Febryan Sambuari • January 5, 2022

personal

Sekitar beberapa tahun lalu, tepatnya ketika masa sekolah SMA, menulis menjadi sebuah aktifitas wajib untuk gua lakukan. Selalu ada pertanyaan “menulis apa hari ini?” tiap harinya.

Semua topik gua tulis di blog, bahkan dalam hal random sekalipun. Salah satunya yang paling random adalah ini random post.

Sejak saat itu jadi suka menulis. Terlebih, di zaman itu blog sedang naik daun dan menjadi blogger adalah salah satu cita-cita yang wah. Tidak terkecuali gua, iya, saat itu gua bercita-cita ingin menjadi blogger dan penulis buku.

Nama-nama seperti Raditya Dika, Bena Kribo, Dara Prayoga, Alit Susanto(Shitlicious), dan lain-lain menjadi inspirasi gua untuk menulis. Sampai sekarang.

Namun, kembali lagi, kenapa harus menulis ?

Jadi, semuanya ini dapat gua simpulkan menjadi beberapa poin. Tapi, ini hanya pendapat pribadi saja, mungkin beda orang beda pandangan.

Dan ya, berikut alasan kenapa kita harus menulis, menurut gua pribadi.

1. Memperkuat ingatan

Ketika kita menerima informasi, entah itu dari video, media tulis, media sosial atau bahkan dari orang lain secara langsung. Terkadang informasi tersebut berlalu begitu saja, hanya sedikit informasi yang benar-benar bisa kita ingat diluar kepala.

Disituasi seperti ini, ketika kita menulis kembali informasi yang didapatkan, secara tidak langsung otak kita akan menerima informasi 2 kali.

Kenapa bisa begitu ?

Yap, menulis membuatmu untuk mengulang informasi yang didapatkan, entah kamu sadar atau tidak. Dan inilah yang akan membuat otak kita mampu mengingatnya lebih baik. Apalagi dengan adanya tulisan atau catatan, kita bisa melihatnya kembali dikemudian hari jika dibutuhkan.

Difase ini gua baru mengerti, kenapa dulu waktu sekolah, guru mengajarkan kita untuk mencatat. Tujuannya adalah untuk melatih kemampuan kita untuk menangkap informasi, mengolah informasi itu, dan menjaga informasi itu dengan baik.

Dengan menulis.

2. Membuat kita lebih ekspresif

Seringkali, gua tidak bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasa. Ada sedikit rasa kekhawatiran ketika ingin mengungkapkannya. Dan salah satu cara untuk mengeluarkannya itu adalah dengan menulis.

Dengan menulis, gua merasa bahwa gua bebas mengatakan apapun. Bebas mengungkapkan semua perasaan yang ada. Dengan menulis, membuat gua lebih percaya diri, membuat gua lebih mengenal siapa diri gua sebenernya. Dengan menulis, adalah salah satu cara gua untuk menyampaikan sesuatu, ketika mulut ini begitu kelu.

Hal inipun, yang perlahan-pelahan membuat gua untuk bisa lebih mengekspresikan diri.

3. Menaikkan minat baca

Dari pengalaman yang gua alami, ketika sedang menulis, terkadang ada bagian dimana semuanya serasa buntu. Bingung mau menulis apa, bingung mau seperti apa lagi, bingung mau menggunakan kata atau kalimat apa. Dan ketika sudah benar-benar terpojok dan tidak tahu harus bagaimana lagi, pilihan terakhirnya adalah membaca.

Dengan membaca, membuat gua bisa menemukan ide-ide baru yang lain. Secara tidak langsung, dengan menulis, justru mampu meningkatkan minat baca untuk gua pribadi. Dan inilah yang saat ini sedang gua coba untuk rutin melakukannya.

Untuk bisa menulis dengan baik, kamu juga harus mampu membaca dengan baik.

Akhir Kata

Sebenarnya masih banyak hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dari menulis. Namun, 3 poin diatas adalah hal-hal yang benar-benar sedang gua rasakan saat ini.

Sampai detik inipun, gua masih belajar untuk bisa menulis dengan baik, entah itu menulis artikel seperti ini atau menulis kode alias ngoding.

Karena masih banyak banget hal-hal diluar sana yang bisa dipelajarin. Ilmu itu luas, sangat luas. Jadi, jangan membatasi dirimu untuk bisa berkembang lebih baik lagi, belajar dan terus belajar.

Cukup sekian dari tulisan ini, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Terima kasih sudah membacanya sampai habis, salam ❤️